Fauna & Flora

Budidaya Cacing Sutra ? Ayo Cari Tahu !

anggi / November 17, 2017

 

Pada masa sekolah atau masa kanak – kanak, pasti sebagian besar bahkan semua dari kita mengetahui dan hafal benar lagu ini : “telur…telur.. ulat…ulat…kepompong..kupu…kupu… kasian deh lu…..”. Jika anda tidak mengetahui lagu ini , berarti masa kecil anda kurang bahagia. Lagu ini bukan sekedar lagu biasa. Melainkan lagu ini bisa menjadi peluang untuk mendapatkan keuntungan. Lho kok bisa? Bagaimana caranya ? Apa saya harus menyanyikan lagu ini supaya mendapat uang? Tentu tidak. Maksudnya, kita bisa mengambil peluang pada budidaya cacing sutra. Taukah anda mengenai kain sutra? Ya benar, kain sutra berasal dari kain sutra. Sedikit menengok sejarah ya. Asal mula penemuan kain sutra berawal sejak pada masa kepemimpinan kaisar Huang Ti, yaitu pada  sekitar tahun 2687-2597 SM. Suatu jari, Permaisuri Leizu, sering mengamati kepompong di pohon murberry. Tak sengaja, kepompong tersebut jatuh pada cangkir the beliau. Ketika akan mengambilnya , maka diketahuilah bahwa kepompong tersebut  berubah menjadi helaian benang halus yang sangat panjang. Setelah itu, sang permaisuri memerintahkan supaya kepompong tersebut diolah atau diproses menjadi kain. Begitulah asal muasal kain sutra di negeri Tiongkok.

Cara Budidaya Cacing Sutra

Ada beberapa hal dan tahap yang diperhatikan pada budidaya cacing sutra. Pertama, kita perlu mempersiapkan kandang ulat sutra. Ada tiga poin yang penting, yaitu kandang atau tempat untuk budidaya cacing sutra, bibit cacing sutra , dan pakan cacing ulat sutra. Tempat budidaya cacing sutera umumnya berbentuk ruangan yang berisi rak – rak. Dianjurkan ada dua ruangan yang terpisah yang berfungsi untuk memisahkan untuk cacing sutra kecil dan cacin sutra yang berukuran besar. Selain ituruangan tersebut haruslah mempunyai ventilasi dan jendela serta dilakukan penyemprotan desinfektan maksimal dua atau tiga hari menjelang atau  sebelum pemeliharaan ulat dimulai. Desinfektan tersebut terdiri dari campuran larutan kaporit 0,5 persen atau formalin (2 hingga 3%). Penyemprotan desinfektanjuga harus merata. Sesudah ada kandang, tentu kita memerlukan bibit ulat sutra bukan? Sebaiknya, pemesanan bibit maksimal sepuluh hari sebelum proses budidaya caing atau  ulat dimulai.Proses  inkubasi disamakan pemulaannya agar masa penetasan seragam. Cara menyebarkan telurpun jangan sembarangan. Telur tersebut disebarkan dalam sebuah wadah atau kotak penetasan kemudian ditutup menggunakan kertas tipis berwarna putih. Penyimpanan wadah tersebut harus berada di  tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung (suhu dua puluh lima hingga dua puluh delapan derajat Celcius dan kelembabannya berkisar 75 hingga 85%). Tanda telur layak dikembangbiakkan adalah sesudah munculnya  bintik biru pada telur tersebut, telur kemudian dibungkus dengan kain hitam hinggadua hari. Hal yang selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah pakan. Untuk pakan cacing atau ulat sutra selain daun murberry adalah daun singkong. Dalam penanaman daun singkong kita dapat menggunakan cara atau metode  stek mata yang memiiliki jarak tanam yang rapat lima centimeter kali  lima centimeter untuk hasil daun singkong yang banyak dan berkualitas bagus.

Sisi Lain Yang Terkait Dengan Budidaya Cacing Sutra

Sebagai pengetahuan tambahan, ada lima fase atau tahap hidup yang disebut instar. Yang mana, pada setiap akhir instar tersebut, ulat sutera memasuki masa istirahat dan  pergantian kulit. Saat  instar satu sampai instar tiga, ukuran cacing sutra tersebut dinamai ulat sutera kecil, sedangkan pada instar empat dan lima, ukuran cacing sutra tersebut dinamai cacing sutra besar. Selain yang disebutkan diatas, hal yang tidak kalah pentingnya yaitu pupuk. Sebab untuk mendapatkan daun murberry/singkong untuk pakan yang terbaik perlu adanya pupuk. Daun yang berkualitas bila dikonsumsi oleh cacing sutra, akan  menghasilkan cacing sutra yang berkualitas. Cacing sutra yang berkualitas, akan menghasilkan sutra yang unggul juga. Nah, bagaimana cara mendapatkan pupuk yang benar – benar bermutu tinggi? Gampang, tinggal order di agen Nasa terdekat, kita dapat mendapatkan pupuk organik kualitas yahud untuk budidaya cacing sutra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *